Senin, 23 Maret 2009

Mesin Pembalik Baju dari Surga

Baru seminggu tidak ada pembantu sempat membuat saya pusing. Dua anak saya masih tk dan menjelang play group. Tentu kerepotan saya bukan hanya karena tidak ada yang menemani mereka dirumah ketika saya bekerja, tapi juga mengerjakan pekarjaan rumah tangga sambil 'berkarir' pasti menyita energi yang luar biasa.

Sehari ini saya dirumah saja. Baru setengah hari badan sudah lelah sekali, bukan hanya karena mengerjakan pekerjaan rumah secara fisik seperti menyiapkan sarapan, ngepel, nyapu, beres-beres, dll (Anda tentu dengan mudah bisa membayangkan pekerjaan apa saja itu). Meski capek, banyak sekali hikmah yang bisa saya petik. Lebih menghargai para pembantu rumah tangga, misalnya. Jadi ingat bagaimana Rasulullah saw. adalah orang yang sangat santun pada pembantunya, tidak pernah protes pada apapun hasil kerjaan pembantu. Dan yang tidak kalah pentingnya bahwa menjadi ibu rumah tangga yang well-managed adalah prestasi yang luar biasa tidak ada tandingannya, itulah puncak karir tertinggi yang bisa dicapai seorang wanita. Dalam hal ini level saya masih cetek sekali. Selain saya harus memutar otak, mangatur pekerjaan mana yang sebaiknya dikerjakan dulu, atau mana yang bisa disambi dengan pekerjaan lain, atau mana yang bisa dikerjakan malam, subuh, pagi, siang, dst.. Juga saya harus menjaga stamina supaya fisik saya tetap kuat (awalnya emang lemes ya..tapi lama2 jadi terbiasa juga) karena banyak dari pekerjaan rumah tangga yang mengandalkan fisik. Belum lagi kalau anak2 bermain dirumah, mainannya tersebar dimana-mana, apalagi ketika mereka bereksplorasi..eksplorasi basah pula..waduh benar2 menyita energi dan memancing emosi. Beruntung sekali tadi sore disela2 rehat saya sempatkan nonton acara favorit saya: Super Nanny di metro tv. Kepada klien nya Super Nanny tadi menjelaskan bagaimana mengatur nada suara ketika berbicara kepada anak, ketika marah nada harus biasa, ketika memuji nada malah harus ditinggikan. Alhamdulillah..emosi saya bisa direm menghadapi tingkah polah anak2, mau teriak marah ga jadi... Semakin sore saya jadi semakin tenang menghadapi kegaduhan rumah.

Tibalah saat menyetrika. Menyetrika adalah jenis pekarjaan rumah tangga yang paling saya hindari dari sekian banyak pekerjaan rumah. Akibat ditunda-tunda, setrikaan sudah menggunung (padahal setelah ditunda-tunda akhirnya harus dikerjakan juga...hiks!), mungkin juga akibat salah me-manage waktu sehingga jadi bisa bertumpuk2 bak bukit begini.. Satu persatu saya kerjakan, sampai akhirnya Fauzan manghapiri saya,

"sedang nyetrika ya bun..?" katanya penuh perhatian.

"Bun, apa nih yang bisa aku bantu..?" katanya. Saya baru sadar saat itu; 'Kenapa tidak dari tadi saya libatkan Fauzan sehingga dia juga bisa merasa bangga dengan bisa membantu bundanya.

"Gini aja bang..abang bisa bantu bunda membalik baju2 ini sebelum bunda menyetrika"

Lalu Fauzan dengan segera melakukan apa yang saya minta. Ya itu tadi, akibat tidak terbiasa well-managed, hal sekecil itu tidak sempat terpikir oleh saya, dari tadi saya hanya fokus pada banyaknya pekerjaan, capek, stress, rumah berantakan, sampai2 membuat saya pusiiing.. benar kata suami saya,

"Bunda, kalau ga ada pembantu langsung stress, trus marah2 aja bawaannya.." (hihi..i'm sorry honey...).

Disela-sela menyelesaikan setrikaan yang bertumpuk tadi, saya berceloteh, maksudnya biar Fauzan semangat membantu,

"Aduh..Alhamdulillah..bunda punya mesin pembalik baju yang hebat, cekatan, sholih lagi..jazakallah ya bang.."

"Iya nih, mesin pembalik baju yang dikirim Allah dari surga" kata Fauzan riang.

Bersyukur nya punya anak seperti Fauzan ku...masih lucu..celotehannya masih bisa kami nikmati sebagai hiburan... Kelelahan bekerja seharian jadi hilang, berkeringat akibat nyetrika pun jadi tak terasa, Yah, anggap saja lagi mandi sauna...:)

1 komentar:

  1. Subhanalloh ya bun..walaupun cape' tapi indah. Karena cape'nya seorang ibu Insya Alloh mendapat kebaikan yang tak ternilai di mata Alloh. Amien..
    Oh ya bun...maaf ya belum sempet nengok ke RS..hanya Do'a yang bisa kuberikan semoga cepat sembuh dan bisa beraktivitas lagi. Blognya bagus banget bun...sukses ya?? jangan lupa kasih komentar juga ke blog aku di http://www.Galeri-Atiek.blogspot.com mmuaah....

    BalasHapus